Dinas Kominfo Tanjungpinang - Kota Semarang menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional APEKSI dan Indonesia City Expo tahun 2019. Rakernas APEKSI 2019 yang dihadiri oleh 98 Wali Kota se-Indonesia dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo yang dilaksanakan di Grand Ball Room PO Hotel Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2019).

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo mengatakan jika tugas seorang Walikota dalam pemerintah daerah tidaklah mudah, karena banyak aspek yang harus dikerjakan dengan tujuan utama adalah percepatan pembangunan. "Kepala Daerah dalam hal ini walikota, harus memiliki imajinasi, dan dari situlah lahir konsepsi, dari konsepsi lahir keberanian untuk mengeksekusi dengan tujuan percepatan pembangunan," kata Tjahjo Kumolo.

Dijelaskan pula struktur pemerintahan daerah tidak saja terdiri atas Gubernur, Walikota dan Bupati saja, namun di dalamnya termasuk TNI, Polri hingga mitra strategis yakni Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD), karenanya dalam menjalankan pembangunan Walikota harus merangkul berbagai kalangan tersebut.

"Saya berpesan kepada para Walikota agar dalam mengambil kebijakan harus memahami area rawan korupsi, karena sudah banyak contoh bagaimana KPK masuk melakukan OTT di berbagai daerah," tukasnya.

Seusai gelaran Gala Dinner, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, didampingi Wakil Wali Kota, Hj. Rahma, S. IP mengatakan bahwa pelaksanaan Rakernas APEKSI 2019 diharapkan dapat menumbuhkan inisiatif dan inovasi baru, serta membawa perubahan bagi pemerintah kota seluruh Indonesia. "Kita berharap dengan dilaksanakannya Rakernas APEKSI ini, dapat membawa perubahan bagi kota-kota di Indonesia, khususnya Kota Tanjungpinang dalam segi pembangunan Infrastruktur, SDM dan akan membahas mengenai Pendidikan serta pengembangan kerjasama antar daerah di Indonesia," ujar Kepala Daerah, di Ballroom Graha Candi Golf

Syahrul mengatakan sangat mendukung tema yang diusung dan pembahasan di Rakernas APEKSI 2019 yaitu penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah. "Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah sangat penting, karena dengan adanya dana kelurahan dari pemerintah pusat, tentunya pembangunan Infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat akan semakin mantap dan dapat terlaksana dengan baik, namun tetap harus kita kaji lagi bersama seluruh anggota APEKSI, agar saat anggaran ini kita gunakan, tidak menyalahi aturan," harapnya

Dalam kesempatan ini Syahrul juga menyampaikan rasa bangganya atas pelaksanaan Rakerwil APEKSI Regional Sumatera yang dilaksanakan di Kota Tanjungpinang beberapa waktu yang lalu. "Saya turut bangga atas pelaksaan Rakerwil APEKSI Regional Sumatera kemarin yang berjalan dengan sukses di Kota Tanjungpinang, dan kita berharap juga agar pelaksanaan Rakernas APEKSI 2019 di Kota Semarang ini dapat berjalan lancar sesuai rencana, dan tidak menutup kemungkinan dapat kita jadikan referensi  jika suatu saat nanti Kota Tanjungpinang juga berpeluang untuk menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI," tutup Syahrul. 

Adapun rangkaian kegiatan pada pelaksanaan Rakernas APEKSI 2019 di Semarang diantaranya, Welcome dinner, Indonesia City Expo, Penanaman Pohon khas Daerah di Hutan Wisata Tinjomoyo, Pentas Seni, Pawai Budaya Nusantara, City Tour serta Ladies Program yang diikuti oleh Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariah Syahrul bersama 98 Ketua TP PKK Kota se-Indonesia dan ditutup dengan City Tour.

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang dalam partisipasinya mengikuti Rakernas APEKSI Nasional ini juga didampingi oleh Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala DP3APM, Kepala Dinas Perdagin KotaTanjungpinang, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang serta Camat se-Kota Tanjungpinang. (Andi) 

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang