Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Tim Pembimbing Smart City Kementerian Kominfo RI, didampingi Kepala Dinas Kominfo, Abdul Kadir Ibrahim, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, Sekretaris Dinas Kominfo, Soemantri, serta perwakilan Bappelitbang kota Tanjungpinang meninjau lokasi yang masuk dalam Quick Win Smart City Tanjungpinang, Selasa (1/10/2019).

Adapun lokasi quick win peninjauan di Puskesmas Batu 10, RSUD, dan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tanjungpinang. 

Peninjauan dilakukan untuk melihat langsung pengelolaan sistem pelayanan, teknologi informasi dan komunikasi, program dan kegiatan yang masuk dalam masterplan smart city Tanjungpinang. 

Dilokasi peninjauan Puskesmas, Harya Damar Widiputra selaku perwakilan Kementerian Kominfo RI mengaku bahwa standar pelayanan kesehatan puskesmas batu 10 Tanjungpinang sudah sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari aspek standar infrastruktur maupun pemanfaatan teknologi informasinya. 

"Ini salah satu Puskesmas paling baik yang pernah saya lihat. Apa yang sudah diterapkan di Puskesmas batu 10 ini, bisa menjadi rujukan dan acuan untuk standar layanan puskesmas secara nasional," ungkapnya

Menurut Harya, infrastruktur yang dimiliki kota Tanjungpinang sudah cukup memadai, tetapi untuk bisa mewujudkan smart city secara lengkap dibutuhkan koordinasi antar OPD khususnya, agar integrasi aplikasi dan data bisa dilakukan secara total.

"Diharapkan seluruh OPD pemko Tanjungpinang bisa bersinergi lebih baik sehingga mampu mempercepat terwujudnya smart city di kota Tanjungpinang," kata dia. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota Tanjungpinang, Rustam menyatakan siap mendukung pengembangan smart city di kota Tanjungpinang, utamanya dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Sebagai bagian dari quick win smart city, kata Rustam, maka sektor kesehatan menjadi prioritas untuk mengembangkan layanan puskesmas yang cerdas atau smart puskesmas.

"Berbagai inovasi dan terobosan akan kita buat untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan," ucapnya. 

Disela peninjauan, Ketua Tim Pembimbing Smart City Kementrian Kominfo, Yudho Giri Sucahyo terlihat memberikan masukan kepada dewan dan tim pelaksana smart city terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi maupun pengelolaannya agar pelaksanaan smart city kota Tanjungpinang lebih mudah, efektif dan efesien dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.(Tri/Diskominfo).