Syahrul Sambut Kedatangan Wisatawan Perdana Tahun 2020BERITA LAINNYA
Syahrul Sambut Kedatangan Wisatawan Perdana Tahun 2020

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyambut wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung pertama di awal tahun 2020, kapal yang tiba sekitar pukul 09.15 Wib di Dermaga Internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Rabu, (1/1).

Turis asal Singapura yang tiba, disambut dengan penaburan beras kunyit oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang dan pemasangan tanjak ke turis laki-laki, serta pemberian bunga tangan kepada turis perempuan oleh Walikota Tanjungpinang. 

Syahrul mengatakan, kunjungan turis wisman ini diharapkan dapat memberikan peluang baik untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. "Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang terbesar setelah pajak, untuk penambahan PAD Kota Tanjungpinang, untuk itu kita harus mengemas sedemikian rupa destinasi wisata yang ada untuk menarik perhatian para wisatawan agar sering berkunjung ke Kota Tanjungpinang," jelasnya.

Menurut Syahrul, saat ini Kota Tanjungpinang banyak memiliki tempat bersejarah sebagai objek wisata dan masih banyak lagi destinasi wisata  yang perlu di kembangkan lagi di Tanjungpinang.

"Pulau Penyengat perlu dikembangkan lagi dan dijadikan objek wisata andalan di Kota Tanjungpinang yang menarik, event tahunan Festival Pulau Penyengat akan tetap kita laksanakan, sebagai salah satu cara menarik wisatawan datang ke Kota Tanjungpinang," lanjut Syahrul.

Kegiatan penyambutan turis ini merupakan agenda rutin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari daerah manapun, termasuk Kota Tanjungpinang. "Penyambutan turis ini juga dilakukan diberbagai daerah, apalagi di wilayah Kepulauan Riau, seperti Bintan, Batam, Tanjungpinang dan daerah lainnya, sebagai wujud ucapan selamat datang di daerah tersebut,” kata Syahrul.

Dalam kesempatan ini, Syahrul juga berharap kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga kedamaian, saling menghormati dan tidak saling menghujat satu sama lain. 

"Mari wujudkan Kota Tanjungpinang yang aman, nyaman dan damai, mari kita saling bersinergi, antara Pemerintah Kota Tanjungpinang, DPRD, serta seluruh elemen masyarakat, dan kita jaga bersama Kota Tanjungpinang yang kita cintai ini," tutup Syahrul. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Drs. Surjadi, MT mengatakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun, khususnya yang paling ramai mengunjungi Kota Tanjungpinang adalah wisatawan dari Malaysia, Singapura dan Tiongkok. 

Terkait data kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang menurutnya lebih lengkap akan disampaikan melalui Badan Pusat Statistik karena lebih akurat. "Mengenai data kunjungan turis ke Tanjungpinang, akan kita tunggu data dari BPS agar lebih akurat dan terperinci serta lengkap,” jelas Surjadi. 

Adapun strategi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang khususnya dalam menarik wisatawan ke Kota Tanjungpinang, akan perbanyak event, dan akan bekerjasama dengan seluruh OPD yang ada di Kota Tanjungpinang, tentunya untuk sama-sama bersinergi khususnya dalam melaksanakan event di Kota Tanjungpinang. 

"Untuk tahun 2020 ini, Kota Tanjungpinang ada 30 agenda event yang akan dilaksanakan di Kota Tanjungpinang, sebenarnya untuk menambah kunjungan wisatawan harus ada minimal 100 event yang melibatkan seluruh OPD, LSM dan elemen masyarakat, minimal masing masing melaksanakan 1 event pariwisata, namun harus dikoordinasikan ke pihak Disbudpar, semoga saja di tahun 2021 mendatang, rencana ini dapat terlaksana dengan baik," tutup Surjadi. 

Hadir dalam penyambutan tersebut General Manager Pelindo, Asisten 2 Pemko Tanjungpinang, LAM Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Perwakilan Polres Tanjungpinang, jajaran eselon 3 dan 4 dilingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. (Andi/Humas Setdako)

Foto - Humas



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA