Diskominfo Tanjungpinang - Arus mudik Idul Fitri 1440 H, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melakukan kunjungan ke Kota Tanjungpinang. Sesditjen Perhubungan Laut disambut oleh Walikota Tanjungpinang bersama pihak terkait di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Sabtu (1/6).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut , Arif Toha Tjahjagama mengatakan Pelabuhan Sri Bintan Pura di Kota Tanjungpinang menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Perhubungan. Setiap tahun Sri Bintan Pura Tanjungpinang berada pada urutan ke-3 paling banyak melayani penumpang tingkat Nasional setelah Kota Batam dan Tanjungbalai Karimun. "Oleh karena itu kami bersama Walikota Tanjungpinang, Kapolres, TNI, Kepala Syahbandar, PT. Pelindo, Kepala Basarnas, serta semua pihak yang terlibat akan bersinergi untuk meninjau arus mudik di Pelabuhan Sri Bintan Pura ini, tentunya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Arif.

Usai melaksanakan dialog bersama pihak terkait di Kantor Syahbandar, Arif langsung meninjau pos pengamanan serta melakukan kunjungan langsung ke Pelabuhan Sri Bintan Pura. "Saya sudah melihat langsung kondisi di lapangan dan Alhamdulillah pelayanan sudah sangat baik dan akan terus ditingkatkan, dengan harapan kenyamanan masyarakat harus kita utamakan baik dalam segi ticketing, terminal yang sudah bagus, serta kapasitas kapal sudah memadai dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Arif. 

Arif juga berpesan agar keselamatan penumpang dan pelayaran harus diperhatikan dan diutamakan. "Masyarakat tidak harus memaksakan diri untuk naik ke kapal jika kapasitas sudah penuh, maka dari itu semua pihak harus tetap mengontrol dan saling berkoordinasi agar pelaksanaan mudik lebaran tahun ini dapat berjalan aman lancar dan selamat sampai di tujuan," harap Arif.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd  mengatakan bahwa pelaksanaan arus mudik di Pelabuhan Sri Bintan Pura masih kondusif, lancar dan sesuai harapan. "Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Perhubungan akan terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait, agar pelaksanaan mudik lebaran tahun ini bisa berjalan aman dan lancar," ungkap Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul menyampaikan jika dilihat dari kondisi di lapangan saat ini, semua aktifitas diPelabuhan Sri Bintan Pura baik dipelabuhan Domestik maupun Pelabuhan International sudah berjalan baik. H-3 Hari Raya Idul Fitri masih terpantau aman dan lancar, mudah mudahan semua dapat berjalan baik hingga lebaran nanti. "Saya berpesan kepada seluruh pemudik agar tetap utamakan keselamatan dan patuhi semua aturan yang berlaku, agar perjalanan pulang ke kampung halaman berjalan lancar," harap Syahrul. (Humas/Ndi) 

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang