Smart City Menjadikan Tanjungpinang MenduniaBERITA LAINNYA
Smart City Menjadikan Tanjungpinang Mendunia

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Tanjungpinang boleh dikatakan beruntung karena sudah masuk dalam 100 Kabupaten/Kota menuju smart city, sementara masih banyak daerah yang berusaha dan berharap dapat masuk, namun belum tentu terkabul, karena saat ini pemerintah pusat baru menetapkan 100 smart city.

Demikian dikatakan Pembimbing Smart City Kota Tanjungpinang, Dr. Yudho Giri Sucahyo, pada acara Bimbingan Teknis Tahap II Gerakan Menuju 100 Smart City Tanjungpinang, di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (5/7/2019). "Smart city Tanjungpinang meskipun baru sudah dikenal luas di Indonesia bahkan dunia Internasional, karena publikasi yang luas dan gencar", tambah Yudho

Bimtek tahap II berlangsung selama dua hari, mulai 5 s.d 6 Agustus 2019, dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H. Irwan, S. Sos, MM dan diikuti perwakilan masing-masing OPD di lingkup pemerintah Kota Tanjungpinang. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Drs. H. Abdul Kadir Ibrahim, MT mengatakan bimtek ini merupakan kegiatan yang menyatukan seluruh OPD dan para pihak dalam mendukung visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang periode 2018-2023. 

"Bimtek tahap satu sudah selesai dan menghasilkan buku masterplan, dan hari ini dimantapkan untuk menuju buku tahap kedua", ucap Akib sapaan Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang. 

Enam kelompok merupakan gabungan dari perwakilan OPD, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, smart environment membahas analisis strategi dan kesiapan daerah.  Dalam bimtek yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo, Muhammad Yamin, mereka juga melakukan presentasi mengenai draft awal masterplan smart city jangka pendek, jangaka menengah dan jangka panjang. (Tri/Diskominfo)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA