Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang – Vincent Rocky Simanjuntak adalah salah satu dari sekian pelajar di Kota Tanjungpinang yang memiliki segudang prestasi. Lahir di Tanjungpinang, 06 Agustus 2005 silam. Anak pertama dari ayah Robinson P.H. Simanjuntak, SH, dan ibu Verita Lukito, S.Kom telah menoreh prestasi di bidang akademik.

Prestasi yang sangat membanggakan ketika Vincent berhasil meraih Mendali Emas pada ajang Singapore and School Mathematic Olympaid) SASMO tahun 2018 dan kembali meraih emas pada ajang yang sama di tahun 2019. Siswa kelas IX SMPN 5 Tanjungpinang ini berhasil menyisihkan peserta dari berbagai daerah.

Selain prestasi itu, Vincent yang punya hobby travelling ini, sudah meraih mendali perunggu OSN tingkat sekolah dasar di Palembang pada 2016 lalu, di tahun 2018 dan 2019, ia kembali meraih prestasi yang sama di Jogjakarta.

Prestasi Vincet di bidang matematika patut di acungi jempol, pasalnya mata pelajaran ini terbilang cukup sulit. Selain itu, mata pelajarannya memerlukan kosentrasi ekstra untuk dimengerti ditambah dengan sejumlah rumus-rumus yang sulit dimengerti.

Sejak kecil, Vincent memang sudah tertarik dengan pelajaran yang terbilang rumit ini. Meski matematika bukanlah mata pelajaran yang favorite bagi siswa-siswi lainnya, namun, Vincet yang mempunyai saudara kandung Ryan Adam Simanjuntak ini, malah menggemari ilmu pasti ini, bahkan ia mampu meraih prestasi yang gemilang di bidang matematika. 

Verita mengaku, kalau putra pertamanya ini, sejak kecil suah menyukai pelajaran matematika, karena ia selalu minta untuk dibelikan buku-buku  yang berkaitan dengan hitung-menghitung maupun rumus-rumus matematika. Selain itu, ia juga suka belajar lewat channel youtube. 

"Sebagai orangtua saya akan terus mendukung hobby anaknya. Prestasi-prestasi yang berhasil diraihnya ini, semuanya karena ketekunan Vincet dalam belajar," ucapnya. 

Sebelum mengikuti kompetisi, kata Vincent, dirinya berusaha menyiapkan diri untuk belajar dengan tekun,"Saingannya cukup berat, karena ada 134 murid dari 34 provinsi yang ikut, namun," ucapnya.

Siswa yang sedari tingkat SD sangat menyukai pelajaran matematika ini mengugkapkan, harapan dan cita-citanya kedepannya untuk bisa mencatat prestasi yang jauh lebih gemilang dimasa depan. 

"Semoga dengan pencapaian ini kedepannya bisa ikut lomba lagi dan semakin berprestasi," ujar Vincent, saat ditemui di ruang kelasnya, Rabu (30/10/2019)

Kepala Sekolah SMPN 5 Tanjungpinag, Yulismar mengungkapkan rasa bangga atas keberhasilan dan perestasi salah satu peserta didiknya tersebut. 

"Syukur Alhamdulillah, sekolah ikut berbangga atas prestasi ini. Pihaknya akan terus mendukung dan memberikan pelatihan-pelatihan lagi untuk Vincent dalam menghadapi persiapan di ajang olimpiade selanjutnya," pungkasnya.(Tri/Diskominfo)