Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang – Lomba Penulisan Blog tahun 2019 salah satu upaya pemerintah kota Tanjungpinang mewadahi ide kreatif dan konten yang membangun tentang beragam potensi wisata yang dimiliki kota Tanjungpinang. 

"Dinas Kominfo mendorong masyarakat, khususnya kalangan milenial mengenali potensi wisata, budaya, dan sejarah yang ada di kota Tanjungpinang melalui artikel blog, untuk diperkenalkan kepada masyarakat secara luas,"

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim, ketika memimpin rapat penetapan pemenang Lomba Penulisan Blog (LPB) 2019 dengan Dewan Juri dan panitia, di ruang rapat Kepala Dinas Kominfo, Jum'at (4/10/2019).

Akib (sapaan Kadis Kominfo) menjelaskan, penilaian dan penetapan para pemenang lomba ini, melibatkan tiga orang juri yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Robby Patria (Akademisi), Zakmi Kamsir (Ketua PWI), dan Medri Osno (Kantor Bahasa Provinsi Kepri).

Pada kesempatan ini, Akib mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh peserta dalam mengikuti lomba penulisan blog yang digagas Dinas Kominfo, dan kami ucapkan selamat kepada para pemenang. 

"Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, bagi yang belum menang, tetap semangat dan terus lah berkarya," ucap Akib

"Kami selaku panitia mohon maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan lomba ini," tambah dia.

Robby Patria selaku Ketua Dewan Juri LPB 2019, menjelaskan dalam proses penilaian banyak hal penting yang diperhatikan, seperti kesesuaian dengan syarat dan ketentuan lomba, kesesuaian tema, penulisan referensi yang benar, inovasi, kreativitas, tata naskah, dan lain-lain sebagainya, yang sesuai serta memenuhi standar dalam penulisan kaidah yang benar.

"Kedepan kegiatan seperti ini, diharapkan bisa diikuti lebih banyak peserta, agar Tanjungpinang di media sosial lebih populer dan objek-objek wisata lebih dikenal secara luas," tuturnya

Ditambahkan Zakmi Kamsir, dalam proses penilaian artikel yang masuk, secara keseluruhan artikel, kami menemukan banyak tulisan yang cukup menarik. Ada banyak tema yang diangkat oleh para peserta dalam lomba ini. Namun, kami harus memilih siapa yang terbaik dari semua yang baik-baik ini. 

Tentu, ini menjadi warna tersendiri bagi tim juri sekaligus pemda memanfaatkan untuk menjadi ajang promosi di medsos," 

"Alhamdulillah, proses penilaian sudah selesai dan sudah ditetapkan pemenangnya, selanjutnya akan diumumkan oleh panitia," kata dia. 

Sementara Medri Osno, mengakui pada umumnya semua artikel yang masuk sudah bagus. Kami bersyukur yang menulis ini adalah peserta pelajar atau kalangan milineal. Mereka sudah mulai menyadari pentingnya potensi wisata sejarah, budaya, dan kuliner yang ada di kota Tanjungpinang.

"Mudah-mudahan, kedepan hal-hal positif ini terus berkembang di kalangan milenial, dimana kemegahan dan potensi Kepri, khususnya Tanjungpinang benar-benar  bisa diangkat kembali agar lebih dikenal secara luas," ujarnya. 

Dari sisi penilaian penggunaan kaidah dalam bahasa Indonesia, lanjut Osno, banyak peserta yang belum memahami terutama tata ejaan, tanda baca, bentuk dan pilihan kata, kalimat efektif, maupun kaidah penulisan istilah asing.

"Hal-hal inilah yang kami perhatikan dalam proses penilaian lomba ini," ungkapnya. 

Setelah ditetapkan oleh tim juri dengan mengacu pada kriteria penilaian, seperti ide, kreativitas, kesesuaian tema, tata bahasa, dan lain sebagainya. Akhirnya panitia mengumumkan pemenang lomba penulisan blog 2019 kategori umum/mahasiswa dan pelajar, adalah sebagai berikut :

Kategori Umum/Mahasiswa :

Juara I     : Rilo Prambudi S

Juara II   : Dwi Citra Yuliana Pandiangan

Juara III : Rara

Juara Harapan I   : Lina Wiati Sasmita

Juara Harapan II  : Erlina Fitriani

Kategori Pelajar :

Juara I      : Rahmadini

Juara II    : Rafli Suwandana

Juara III   : Natasya Adelya

Juara Harapan I   : Adam Tynan Gunfina

Juara Harapan II  : Khen Patra Yabes Sianipar

Penyerahan hadiah kepada para pemenang akan disejalankan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang, pada 17 Oktober 2019 mendatang, di Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang,  Senggarang.

Selamat buat para pemenang, selanjutnya akan dihubungi oleh panitia.(Tri/Diskominfo).