Diskominfo Tanjungpinang - Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) Kota Tanjungpinang menggelar Workshop pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) Desa/Kelurahan.

Kegiatan yang diikuti 60 peserta yang berasal dari ASN dari masing-masing kelurahan Se Kota Tanjungpinang dan dihadiri Camat dan Lurah Se Kota Tanjungpinang, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang Drs. Riono M.Si, di Hotel Bintan Plaza, Selasa (23/4/2019).

“KIM merupakan konsep alternatif dalam mengatasi hambatan informasi di lingkungan masyarakat terutama masyarakat keluruhan. KIM juga secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat baik secara individu maupun kelompok sesuai kebutuhannya,” kata Sekda Kota Drs. Riono M.Si

Lebih lanjut dikatakan, Peran Pemerintah untuk terus berusaha meningkatkan pengunaan tekhnologi informasi kepada masyarakat dengan terus membangun infrastruktur dan terus memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk mengakses dan mengelola informasi yang ada di tengah masyarakat, sehingga dapat menyebarkan informasi yang positif dan akurat.

Ia menambahkan, KIM berperan untuk memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu, KIM juga dibentuk untuk menyampaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat agar segera bisa disampaikan kepada pemerintah.

 “Sebenarnya di Kota Tanjungpinang sudah membentuk kelompok informasi di tengah masyarakat antara lain forum RT dan RW, majelis taqlim di setiap kelurahan sebagainya, hanya belum di laporkan dan di resmikan penggunaannya,” paparnya.

Hadirnya KIM, warga di Kelurahan bisa mengetahui program dan visi misi pemerintah serta dapat menjadi jembatan bagi warga yang memiliki masalah/kendala. Olehnya itu perlu dibentuk grup media sosial seperti WA untuk memperlancar komunikasi, ” tandasnya.

Selain itu untuk mendukung visi misi pemerintah Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, saat ini pemerintah melalui Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang akan memasang 18 titik hotspot, hal ini dilakukan tidak lain hanya untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi,” ucap Sekda Kota Drs. Riono M.Si

Sebelumnya  Plt Dinas Komunikasi dan Informatika Drs.Soematri menyampaikan pelaksanakan sosialisasi KIM yang merupakan salah satu program dari Kementerian Kominfo RI. KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Lebih lanjut dikatakan, Workshop pembentukan KIM untuk  Terwujudnya pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera, “ sebagai Wahana Informasi antara-anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat,” tutup Plt Kadis Kominfo Drs. Soemantri (Diskominfo/ Rais)