Diskominfo Tanjungpinang – Selama empat hari mulai tanggal 23 sampai dengan 26 April nanti, Tanjungpinang akan dikunjungi oleh ratusan rombongan dari 24 kota di Pulau Sumatera. Kota Tanjungpinang dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Wilayah I Sumatera Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2019. Rakerwil I Sumatera di Tanjungpinang akan diisi dengan berbagai kegiatan kerja. Seperti seminar dengan tema Efektivitas Dana Kelurahan Dalam Mewujudkan Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, yang akan dilaksanakan di Hotel CK. Melalui seminar ini, diharapkan dihasilkan suatu perumusan dan dukungan dari berbagai kota di wilayah Sumatera untuk meningkatkan laju pembangunan daerah melalui penyediaan dana kelurahan. 

Selain seminar dan rapat-rapat kerja, Rakerwil I Sumatera Apeksi Tahun 2019 di Kota Tanjungpinang juga akan diisi dengan berbagai kegiatan kemasyarakat. Yaitu : Pawai Budaya, Pertunjukan Seni, Tanjungpinang City Expo, Penanaman Pohon, dan Ladies Program. Yang menarik dari kegiatan penanaman pohon yang akan dilaksanakan di rumah jabatan Walikota Tanjungpinang, masing-masing daerah akan menanam pohon khas dari daerahnya masing-masing.

Pawai Budaya dari peserta Rakerwil I akan dilaksankan pada hari Rabu tanggal 24 April siang, di seputaran wilayah Tepi Laut dan finish di Gedung Daerah. Di Gedung Daerah masyarakat juga dapat menyaksikan pameran produk dari berbagai kota dan UKM dalam kegiatan Tanjungpinang City Expo. Dan selama City Expo berlangsung, pada sore hingga malam hari masyarakat dapat menyaksikan seni pertunjukan dari berbagai daerah.

“Pada malam harinya, masyarakat juga dapat menyaksikan pertunjukan seni di halaman Gedung Daerah. Selain menampilkan seni pertunjukan khas Tanjungpinang, masyarakat juga dapat menyaksikan kesenian daerah dari kota-kota di Sumatera,” Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Kominfo Tanjungpinang, Teguh Susanto.

Pelaksanaan Rakerwil I Sumatera Apeksi di Tanjungpinang diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat Tanjungpinang. Selain pelaksanaan seminar dan rapat kerja yang dilaksanakan di Hotel CK, tamu dari berbagai kota di wilayah Sumatera juga akan menginap di berbagai hotel di Tanjungpinang. Oleh sebab itu, masyarakat Tanjungpinang terutama dari kelompok pelaku usaha ekonomi mikro dan kecil diharapkan mampu mengambil peluang dari pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut. (Diskominfo/dguh)