Dinas Komunfo Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang H.Syahrul,S. Pd menjadi pembina upacara gabungan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI Tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (1/7/2019) pagi.

Tema yang diusung dalam Upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional yang XXVI tahun 2019 ini adalah ” Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Wali Kota Syahrul membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Prayogo Hasto Wardoyo, Hari Keluarga Nasional kita peringati setiap tanggal 29 Juni.

“Kegiatan Hari Keluarga Nasional sudah dilaksanakan sejak tahun 1993 sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) No 39 tahun 2014 Tentang Hari Keluarga Nasional, hal ini karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga dalam membangun suatu bangsa. Fungsi Keluarga adalah fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan fungsi lingkungan,” ucapnya

Melalui 8 fungsi keluarga ini diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakannya,"Mengingat bahwa setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan," tambah Wali Kota

“Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2019 dan tahun-tahun yang akan datang, pemerintah berharap pelaksanaan Harganas lebih membumi secara bertahap dan mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan 4 penetapan ketahanan keluarga yakni Keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya dan keluarga peduli dan berbagi. Kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas 2019 ini yaitu Gerakan 1821, dimana pada jam 18.00 s.d jam 21.00 adalah waktunya untuk berkumpul bersama keluarga,” tutup Kepala Daerah.

Diakhir pelaksanaan upacara, Wali Kota menyerahkan secara simbolis bantuan Korpri kepada penerima bantuan, didampingi Wakil Wali Kota Hj.Rahma,S.IP , Pj. Sekretaris Daerah, Drs. H. Tengku Dahlan, MT dan Ketua Dewan Pengurus Korpri, Drs. Riono, M.Si. 

Upacara ini juga diikuti Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan ASN serta PTT di lingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.(Humas/Han) 

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang