Masjid Harus Dikelola dengan BaikBERITA LAINNYA
Masjid Harus Dikelola dengan Baik

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang mengadakan Pelatihan Manajemen Masjid yang dilaksanakan di Masjid As - Sakinah Tanjungpinang, Selasa (10/9) pagi.

Walikota Tanjungpinang juga selaku Ketua DMI Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini berhubungan dengan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas manajemen masjid. Ia juga mengharapkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) bisa meningkatkan pengelolaan masjid dalam hal keuangan, organisasi, program dan pengelolaan usaha mandiri masjid secara optimal, dan salah satu upaya dalam memakmurkan masjid.

"Saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh DKM untuk bersama-sama bergandeng tangan dengan masyarakat setempat dalam upaya agar masyarakat ikut meramaikan masjid, harapan dengan  makmurnya masjid akan Memakmurkan masyarakat," ucap Syahrul.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, H. Mukmin Hamid, menyampaikan  tema "Menuju masjid sebagai pusat pemberdayaan ummat yang profesional dan mandiri" ini berlangsung pada tanggal 10 September dengan jumlah peserta pelatihan yang mengikuti sebanyak 334 peserta berasal dari utusan masjid se-kota Tanjungpinang.

Mukmin juga mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, untuk menumbuh kembangkan keanggotaan masjid dalam memberdayakan potensi SDM dalam membangun Dan peningkatan kapasitas, dan mempererat silaturahim antar DKM masjid dan meningkatkan pengelolaan masjid agar dapat memakmurkan masjid dan lebih jauh lagi mendatangkan keberkahan bagi segenap DKM yang mengikuti pelatihan pada kesempatan ini.

Dalam rangkaian acara juga dilakukan penyerahan secara simbolis tabung racun api untuk 100 masjid dari Pemko Tanjungpinang bekerjasama dengan DMI Kota Tanjungpinang yang diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang dan didampingi Ketua Umum Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Kepulauan Riau.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yakni Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustadz Muhammad jazir, ASP yang merupakan pakar manajemen masjid.

Pembukaan pelatihan ini turut di hadiri Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Huzrin Hood S.H., M.H., M.Pd.I, Kapolsek Tanjungpinang Timur, Indra jaya, Staf Ahli, Asisten, unsur FKPD, OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, DKM se-Kota Tanjungpinang dan para undangan. (Syahrul/Humas Setdako)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA