Kemeriahan Bazar Imlek di Kota Lama TanjungpinangBERITA LAINNYA
Kemeriahan Bazar Imlek di Kota Lama Tanjungpinang

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Setiap tahun, sebelum perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Tanjungpinang selalu dibalut dalam pesta rakyat yang dikenal dengan "Bazar Imlek".

Kegiatan Bazar dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2571 dipusatkan di kawasan Kota Lama, jalan Merdeka sampai Tengku Umar Tanjungpinang Kepri.

Hiasan lampion indah berwarna merah tampak terbentang di sepanjang kawasan kota lama. 

Gapura bertuliskan "Gong Xi Fa Cai" yang dihiasi lampu dan pernak-pernik khas imlek serta alunan lagu-lagu Mandarin menambah semarak suasana di bazar imlek. 

Deratan stan yang memenuhi sisi kanan dan kiri jalan menawarkan berbagai jenis variasi produk seperti aneka minuman, makanan, aksesoris, fashion, pernak-pernik dan kue-kue imlek.

Ada juga stan yang menjual tanjak, mainan anak-anak, eletronik, hingga produk handphone

Kehadiran stan bazar ini tentunya menarik perhatian ribuan pengunjung, baik yang ingin berbelanja atau hanya sekadar mencuci mata. 

Adel pengunjung yang datang bersama teman-temannya mengaku senang dengan adanya bazar imlek ini. Bazar ini selalu kami tunggu-tunggu, karena hanya dibuka satu tahun sekali.

"Jadi, disini kami bukan hanya bisa melihat indahnya lampion pada malam hari saja, tapi bisa berwisata kuliner. Banyak sekali jajanan dan barang-barang menarik di sini," ucap Adel, Sabtu (28/12/2019) malam. 

Selain itu, sambung Tita, sambil mencicipi aneka jajanan, kami bisa berswafoto dengan latar belakang lampion indah berwarna merah. 

"Bazar ini jadi destinasi menarik bagi kami untuk mengisi waktu libur," ujarnya 

Sementara, Cici, salah satu penjual pakaian yang biasa berkeliling menjual dagangannya mengaku gembira dengan adanya bazar imlek karena bisa menambah omset dan pelanggan baru. 

"Saya berjualan sudah 27 tahun. Meski hanya setahun sekali, bazar imlek ini bisa menambah penghasilan saya, jadi setiap tahun saya pasti ikut mengisi stan di bazar imlek ini," katanya sambil menawarkan dagangannya. 

Kegiatan bazar imlek di kota Tanjungpinang berlangsung selama satu bulan, mulai 27 Desember 2019 hingga 22 Januari 2020. 

Bazar ini merupakan salah satu agenda tahunan yang digelar di kota Tanjungpinang. Tujuannya untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya etnis Tionghoa kepada masyarakat Indonesia serta menggaet wisatawan untuk datang ke kota Gurindam. (Tri/Diskominfo)

Foto - Dinas Kominfo



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA