Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race (IDBR) 2019 sebentar lagi digelar. 

Berbagai persiapan pun dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk suksesnya penyelenggaraan event bertaraf Internasional, yang dijadwalkan berlangsung pada 25 s.d 27 Oktober 2019, di Perairan Sungai Carang Tanjungpinang. 

Salah satunya dengan menggelar rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Tanjungpinang IDBR 2019, di lantai 2 Gedung Gonggong Tepi Laut Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/10/2019).

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dispora, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, Satpol-PP, Polres, Basarnas, PODSI, RT/RW Kelurahan Kampung Bugis, serta panitia pelaksana. 

"Hari ini kami lakukan rapat dengan stakeholder eksternal dan OPD terkait untuk menyiapkan segala sesuatu terbaik sehingga pelaksanaan IDBR 2019 pada 25 s.d 27 Oktober 2019 mendatang berjalan sukses," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Surjadi, membuka rapat tersebut. 

Surjadi menjelaskan, perhelatan IDBR ke 18 kali ini, diikuti pesertanya dari dalam dan luar negeri. Hingga saat ini, sudah 34 tim yang sudah konfirmsi untuk ambil bagian dalam lomba IDBR, termasuk dari Malaysia. 

Untuk rangkaian acara, lanjutnya, sudah kita susun, mulai dari welcome party akan dilaksanakan pada Kamis (24/10) malam, hari Jum'at (25/10) kita mulai pertandingan. Untuk acara pembukaan akan dilaksanakan pada Sabtu (26/10) pagi, dan babak final pada Minggu (27/10) dilanjutkan acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang pada pukuk 16.00 Wib. 

"Karena Jum'at itu, kita mengejar waktu Sholat, jadi kegiatan lomba sudah di mulai, sedangkan acara pembukaan dilakukan pada Sabtu pagi, sehingga seluruh rangkaian acara pembukaan tidak terkesan terburu-buru," ucapnya. 

Selain membahas konsep acara, Surjadi juga membahas berbagai hal seperti, rekayasa jalan, keamanan darat dan laut, tim medis, dokumentasi, area parkir, kebersihan, toilet mobile, tempat bagi penonton, hingga lokasi berjualan bagi masyarakat.

"Kami ingin menyamakan persepsi, termasuk pematangan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dengan adanya perubahan dan dukungan semua pihak, mudah-mudahan pelaksanaan IDBR tahun ini semakin lebih baik," pungkas dia.

Dalam rapat tersebut, peserta yang hadir menyatakan siap untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan IDBR 2019 di kota Tanjungpinang. (Tri/Diskominfo)

Foto : Yuli Haryanto/Diskominfo