Gebyar PAUD, Syahrul Minta Guru dan Wali Murid BersinergiBERITA LAINNYA
Gebyar PAUD, Syahrul Minta Guru dan Wali Murid Bersinergi

Diskominfo Tanjungpinang - Sebagai wujud apresiasi dan meningkatkan mutu pendidikan usia dini, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani, Sabtu (22/6) pagi yang diikuti oleh seluruh peserta didik PAUD, KB dan TK se-Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan ini sehingga dapat terlihat sinergitas antara guru dan wali murid. "Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Gebyar PAUD Kota Tanjungpinang, kita sadari bersama bahwa keberadaan PAUD sangat penting dan strategis dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal," ungkap Syahrul.

Sebagai Walikota, Syahrul sangat menginginkan kepedulian yang besar bersama-sama komponen masyarakat Kota Tanjungpinang, terkhusus kepada guru dan wali murid karena ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, agar pada saatnya nanti memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut. "Kita semua tentu sadar bahwa pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting, pada usia dini otak berkembang dengan cepat untuk menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengar, masa itu adalah masa perkembangan fisik mental terbentuk atau dikenal dengan masa Golden Age bagi seorang anak," lanjut Syahrul.

Oleh karena itu, Syahrul juga mengajak kepada orang tua untuk berhati-hati dan jangan membiarkan anak mendapatkan berita maupun tingkah laku yang tidak pas. "Kepada kita semua, terutama kepada orang tua, saya ingatkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga, akan tetapi masyarakat dan orang tua harus berperan aktif  mensukseskan program ini," lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Syahrul sangat berterimakasih kepada Guru PAUD yang telah berdedikasi terhadap peserta didik dan memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk tumbuh kembang anak usia dini. "Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada guru PAUD yang telah berdedikasi tinggi dan memberikan sumbangsih yang besar untuk tumbuh kembang anak serta sangat sabar melihat tingkah pola anak-anak yang beragam, sekali lagi saya sangat bangga dan apresiasi kepada para guru PAUD," pungkas Syahrul.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul dalam sambutannya juga mengatakan hal senada dengan Walikota bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan buang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui vpemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Juwariyah yang juga Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang ini juga menyebutkan tugas yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak sudah terlayani oleh Lembaga PAUD di wilayah masing-masing. "Bunda PAUD juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa Akta Kelahiran, agar mereka dapat menjadi warna negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini," ungkapnya.

Juwariyah juga menyebutkan Bunda PAUD juga harus mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan Bina Keluarga Balita, cara pengasuhan yang disampaikan di PAUD jangan sampai berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan pola pengasuhan di rumah.

Kegiatan Gebyar PAUD se-Kota Tanjungpinang ini sudah dilaksanakan sejak 20-21 Juni 2019 di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan Kota Tanjungpinang dengan melaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba menggambar orangtua dan anak, lomba fashion show, lomba berjalan kaki pakai tempurung, lomba membaca Gurindam 12, lomba memasang seragam lengkap yang dipasang oleh ayah kepada anak, lomba makan donat, lomba bakiak, lomba pukul ban dan lomba joget balon ibu dan anak. Pada kegiatan puncak di Lapangan Pamedan diawali dengan Senam Anak Ceria yang diikuti sebanyak 1.210 orang anak PAUD serta pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. 

Acara Gebyar PAUD ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Pj. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. H. Tengku Dahlan, MT, Bunda PAUD Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Ketua GOPTKI, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tanjungpinang, Staf Ahli bidang Keuangan dan SDM, Drs. Huzaifa Dadang, AG, M.Si, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang. (Fakhri)

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang

 



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA