Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Hari Sumpah Pemuda merupakan suatu makna yang tak lepas dari peran aktif pemuda. Sumpah pemuda harus dilestarikan dalam jiwa pemuda saat ini dan di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Muhammad Yasir, ketika membuka rapat persiapan pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 91, 28 Oktober 2019 mendatang, di Dispora Center Km. 9 Tanjungpinang, Selasa (8/10/2019).

Dalam rapat itu, Dispora mengundang Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol-PP, Ketua Purna Paskibraka, perwakilan SMAN 1, serta Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang ada di kota Tanjungpinang. 

Yasir menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk membahas berbagai persiapan jelang upacara HSP 28 Oktober mendatang. 

"Kami mengundang bapak/ibu dan organisasi kepemudaan untuk ikut terlibat dalam kegiatan peringatan hari sumpah pemuda. Kami juga membuka ruang kepada para pemuda untuk berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini," ucap dia. 

Yasir berharap, dengan dukungan dan kerjasama semua pihak, utamanya para pemuda. Peringatan hari sumpah pemuda di kota Tanjungpinang dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya

Sementara Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga kota Tanjungpinang, Hermawan menjelaskan upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 91 dipusatkan di lapangan pamedan A. Yani, diikuti peserta sebanyak 1928 orang menyesuaikan dengan tahun sumpah pemuda. 

"Barisan ini, terdiri dari 17 unsur diantaranya, OKP, KNPI, PPI, Perguruan Tinggi, Kwarcab, Mitra Dispora, TNI, Polri, ASN, Drumand, serta siswa-siswi tingkat SMA," terang dia

Selain itu, rangkaian acara akan diisi dengan paduan suara yang diikuti oleh 74 peserta menyesuaikan dengan HUT Kemerdekaan RI. Penyerahan penghargaan bagi pemuda prestasi, pemberian hadiah untuk pemenang lomba festival musik dan lomba kreasi baris berbaris, lalu ditutup dengan tari kolosal yang diikuti oleh 91 penari. Sore harinya, dilanjutkan kegiatan gotong-royong bersama di Tugu Pemuda Batu Hitam," ucapnya

"Peran pemuda dalam pembangunan sangat penting, karenanya pemuda harus mengambil bagian dalam kegiatan ini," tambah dia.(Tri/Diskominfo).