342 JCH Ikuti Bimbingan Manasik Haji BERITA LAINNYA
342 JCH Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Diskominfo Tanjungpinang - Kementrian Agama Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji 1440H/2019 M, kegiatan ini dilaksanakan mulai Minggu 23-28 juni di Aula lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang dan dibuka secara resmi pada Minggu (23/6) pagi oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, H Syamsutarmizi, S.Pd.I. menyampaikan sambutan dan laporannya bahwa data jamah haji asal Kota Tanjungpinang musim haji 1440 H/2019M berjumlah 342 Jamaah, lebih banyak dibandingkan jamaah tahun yang lalu, rincian setiap kecamatan, Tanjungpinang pinang barat 74 jamaah, Tanjungpinang kota 11 jamaah, Tanjungpinang timur 144 jamaah, bukit Bestari 113 jamaah, adapun data jamaah mutasi, masuk 9 jamaah, keluar 7 jamaah, laporan kegiatan pelaksanaan Manasik tingkat kacamatan di laksanakan pada tgl 24-27Juni di lokasi masing-masing kecamatan, gladi posko simulasi lapangan dilaksanakan pada 29 Juni di Masjid Raya Nur Illahi Dompak.

Lebih lanjut Syamsu mengatakan jamaah tertua yang mengikuti musim haji tahun ini, atas nama Yatini binti Saryadinara yang berusia 85 tahun dan yang termuda atas nama Nuzul Abdimatrifatullah usia 26 tahun. "Tujuan dilaksanakannya manasik haji ini, untuk memberikan pemahaman kepada jamaah haji, syarat, rukun dan wajib haji, memberikan pemahaman hak dan kewajiban jamaah haji, dan menciptakan jamaah haji yang mandiri," tutup Syamsu.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul S.Pd dalam sambutannya mengatakan mengerjakan ibadah haji merupakan panggilan Allah, maka bagi yang bisa melaksanakan haji tahun ini harus disyukuri, dalam menunaikan ibadah haji yang utama kita harus niat karena panggilan Allah. "Persiapkan diri sebaik-baiknya seperti menjaga kesehatan jasmani dan rohani, dalam pelaksanaan haji nantinya banyak gerakan fisik, hal yang tidak kalah pentingnya memahami ilmu manasik sehingga, seluruh rangkaian ibadah haji kita sesuai dengan kaidah yang telah di tetapkan oleh ayariah," ucap Syahrul.

Syahrul juga mengimbau kepada JCH agar pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah selama di tanah suci. "Kepada para calon jamaah haji supaya dalam beribadahnya degan penuh keikhlasan dan tawakkal dengan  megharap ridho Allah SWT, kita harus sabar bahwa semua itu atas izin Allah dan semoga mampu melasanakan ibadah haji degan predikat haji yang mabrur," tutup Syahrul.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH.MA, membuka kegiatan bimbingan manasik haji ini berpesan kepada para jamaah calon haji untuk tidak bosan-bosannya dalam mengikuti manasik haji. "Ikuti dengan seksama karena bekal pengetahuan  manasik sangat berguna bagi calon jamaah haji nantinya di tanah suci," ucap Mukhlis.

Lanjut Mukhlisuddin, Calon jamaah haji tidak perlu khawatir yang berlebihan ketika di tanah suci nantinya. "Karena kita adalah tamu-tamu Allah, yang perlu di perhatikan adalah kita harus menjadi tamu yang baik, Insya Allah semua apa yang sudah kita persiapkan karena Allah, dipermudahkan segala sesuatunya," tutup Mukhlis.

Turut di hadiri dalam acara ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH.MA, kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, H Syamsu tarmizi, S.pd.i, Ketua Lembaga Adat Melayu Kota Tanjungpinang, H. Wan Raffiwar, Kadinkes Kota Tanjungpinang, Kabag Kesra kota Tanjungpinang, dan peserta calon jamaah haji. (Syahul)

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA