LOGIN ADMIN / OPERATOR
Wujudkan Smart City, Pemko Tanjungpinang Pasang 10 Wifi Gratis
Ditulis oleh : Tri Chairani - Bidang :

19 Maret 2017 - 23:03:33 WIB

HUMAS Pemko Tanjungpinang- Guna medukung Kota Tanjungpinang menuju smart city serta memenuhi kebutuhan internet bagi masyarakat, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memasang 10 jaringan wifi yang dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat.

Pemasangan jaringan wifi disejumlah titik lokasi keramaian di Kota Tanjungpinang tersebut Pemko gandeng PT. Telkom Indonesia. Kerjasama itu resmi dilakukan ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding atau MoU oleh Walikota, H. Lis Darmansyah bersama General Manager (GM) Telkom Wintel Rikep, Sony Budi Winarso, di Basemant Gedung Gonggong Tanjungpinang, Minggu (19/3).

Penandatanganan tersebut disaksikan Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, unsur pimpinan Forkominda, serta sejumlah kepala OPD dilingkup pemko Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan saat ini ada 10 jaringan wifi yang kita pasang di wilayah Kota Tanjungpinang, wifi tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat." Ini sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang menuju smart city, mengingat saat ini semua serba online, untuk memenuhi kebutuhan itu, maka dipasang wifi secara gratis ", ujarnya.

Lis berharap, dengan adanya wifi gratis di sejumlah ruang publik seperti taman-taman, halte bus, ataupun pusat kuliner bisa menjadi tempat favorit bagi warga maupun wisatawan, " Manfaatkan fasilitas ini untuk hal-hal positif, semoga bermanfaat bagi warga yang belum mengenal teknologi dan bagi pelajar silahkan sambil jalan-jalan sekaligus mengerjakan tugas sekolah,". tuturnya

Sementara itu, GM Telkom Wintel Rikep, Sony Budi Winarso, menjelaskan penyelenggaraan layanan telekomunikasi dan jaringan ini untuk mendukung program pemerintah Indonesia menyebarluaskan penggunaan teknologi digital diseluruh penjuru. Salah satu konsep yang dikembangkan oleh Telkom adalah Smart City Nusantara (SCN) yang memanfaatkan ICT (informatiom and communication technology) dalam pengelolaan pemerintahan provinsi/kabupaten dan Kota.

Dia mengatakan, bertepatan dengan HUT RI ke 71, Telkom mencanangkan program " 71 Bhaktiku Untuk Negeri" yakni dengan memberikan penghargaan kepada 71 pemda yang terpilih atas keberhasilannya dalam penerapan konsep SCN.

Kota Tanjungpinang terpilih sebagai salah satu Pemda yang berhak mendapatkan penghargaan smart city award dalam program tersebut. Reward ini diberikan kepada Pemko Tanjungpinang berupa 4 layanan yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma selama 12 bulan, yaitu, layanan wifi ID managed seevice sebanyak 10 access point, layanan pustaka digital, layanan UData Social Media Analitic dan layanan Qbaca CUG (smart citi nusantara community).

Adapun lokasi instalasi wifi ID manage service di wilayah Kota Tanjungpinang, adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang 2 buah/UP, Gedung Gonggong dan Taman Laman Boenda 3 buah/UP. Sedangkan jumlah instalasi 1 buah/UP di wilayah Anjung Cahaya, Tugu Pensil, Ocean Corner dan Taman Proklamasi, Taman Batu 10, Terminal Bus Sei Carang." Terangnya.(Humas)

LAKIP KOTA TANJUPINANG
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 119252 kali