LOGIN ADMIN / OPERATOR
Lis Ajak Masyarakat Promosikan Potensi Tanjungpinang Lewat Media Sosial
Ditulis oleh : Tri Chairani - Bidang :

19 Maret 2017 - 22:22:52 WIB

HUMAS Pemko Tanjungpinang - Galeri Hangtuah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungpinang diresmikan operasionalnya oleh Walikota Tanjungpinang, H  Lis Darmansyah, SH, Minggu (19/3). 

Galeri yang berada di Basement TIC Gedung Gonggong Taman Laman Boenda Tepi Laut Tanjungpinang tersebut akan menjadi wadah untuk memamerkan produk kerajinan dari para pengrajin di Kota Tanjungpinang.

Bersamaan dengan itu dilakukan juga penandatanganan prasasti revitalisasi tugu proklamasi dan Memorandum of Understanding atau MoU antara Pemerintah Kota (pemko) Tanjungpinang dengan PT. Telkom Indonesia.

Ketua Dekranasda Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH mengatakan peresmian galeri ini merupakan upaya dekranasda dalam menyediakan fasilitas pendukung dalam memberdayakan para perajin lokal sekaligus sebagau wadah untuk memperkenalkan prodak-prodak kerajinan asli Tanjungpinang.

" Galeri yang berada di basement TIC Gedung Gonggong ini untuk menampilkan prodak kerajinan. Saya berharap keberadaan galeri ini mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat maupun wisatawan domestik dan mancanegara saat mengunjungi Tanjungpinang ".

Kehadiran galeri di TIC Gedung Gonggong akan menambah kawasan Tepi Laut lebih menarik. Selain ada icon Tanjungpinang, taman bermain, wifi ditambah pemandangan laut yang indah akan melengkapi kawasan ini menjadi tempat yang asyik bersama keluarga maupun teman untuk hangout." ungkapnya

Saat memasuki galeri ini, mata pengunjung akan dimanjakan oleh tampilan beragam produk kerajinan khas Tanjungpinang yang menarik untuk dimiliki, seperti batik dengan motif gonggong, kerajinan dari gonggong, seperti bunga, tempat tisu, bros baju, manik-manik dari bebatuan, adapula kerajinan dari kaca, hingga produk olahan makanan seperti kue dram-dram, kerupuk gonggong, ikan dan lainnya. 

Kehadiran Galeri Hangtuah Dekranasda di Kota Tanjungpinang, lanjut Weni merupakan wadah baru yang dapat dipilih oleh wisatawan yang hendak mencari produk kerajinan khas Tanjungpinang dan bisa menjadi pusat oleh-oleh selain di Dekranasada yang berada di samping Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat." Galeri ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore, jika ada tamu-tamu dari luar daerah yang datang ke Tanjungpinang maupun wisatawan yang datang ke TIC Gedung Gonggong, bisa diajak ke sini ". ajak Weni

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan pembangunan TIC Gedung Gonggong kita lakukan secara bertahap, disini kita sudah ada pusat informasi, dan hari ini kita lengkapi dengan galeri dekranasda sebagai pusat oleh-oleh yang bisa menjadi rujukan bagi masyarakat di Kota Tanjungpinang.

" Tahun ini sarana dan fasilitas di Gedung Gonggong akan kita lengkapi. Nanti fungsinya tak hanya sebagai pusat informasi tetapi akan kita sempurnakan, begitu juga dengan galeri dan sarana pendukung lainnya di gedung ini ".tuturnya

Dengan kehadiran galeri ini, Lis menginginkan agar Dinas Perdagangan dan Perindustrian dapat melahirkan ide-ide kratif yang bisa menampilkan prodak-prodak yang berbeda yang tidak bisa di jumpai di toko atau warung-warung lainnya, namun hanya ada di galeri ini. Untuk itulah galeri ini ada, agar prodak-prodak yang dipamerkan memiliki ciri khas tersendiri. " Yang ada di galeri ini belum tentu ada di tempat lain, jangan produk yang dipamerkan sama dengan yang ada di toko atau warung-warung yang ada di Tanjungpinang ". Lis menegaskan

Orang nomor 1 di Kota Tanjungpinang ini berkeyakinan, apa yang akan kita lakukan, jika dibarengi dengan komitmen dan kerjasama yang baik, maka Kota ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan dari berbagai daerah dan negara lain. Untuk mempromosikan daerah ini, lanjut Lis, sebenarnya cukup murah dan tak perlu mengeluarkan dana yang besar, apalagi di era teknologi seperti saat ini, kita bisa manfaatkan media sosial untuk mempromosikan potensi yang ada di Kota ini, mulai dari kuliner, wisata religi dan sejarah. Ketiga kekuatan pokok ini yang bisa kita lihatkan pada seluruh dunia bahwa Tanjungpinang miliki hal-hal yang menarik. 

Lis mencontohkan cara mudah, murah dan cepat dalam mempromosikan potensi yang ada di Tanjungpinang, misalnya kita sedang makan mie lendir atau sedang berada di tempat-tempat menarik di Tanjungpinang, nah..  kita bisa foto disertai dengan caption yang indah kemudian kita upload di media sosial, seperti instragram serba Tanjungpinang, facebook, path, dan lainnya, semua bisa melakukannya dan hasilnya bisa dilihat oleh seluruh dunia. Saya yakin Tanjungpinang punya daya tarik tersendiri. Karena itu, Lis mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama aktif mempromosikan potensi yang ada di KotaTanjungpinang, InsyAllah Tanjungpinang akan menjadi Kota yang dikenal oleh seluruh dunia." ajaknya.

Seusai peresmian galeri, Lis dikejutkan dengan nyanyian selamat ulang tahun serta kue tart dan tumpeng yang disiapkan oleh OPD dan dekranasda sebagai kejutan diharu jadinya yang ke 47. Melihat kejutan itu, ia pun tersenyum haru dan bahagia.(Humas)

LAKIP KOTA TANJUPINANG
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 115246 kali