LOGIN ADMIN / OPERATOR
Jadikan Perjuangan Pahlawan Sebagai Semangat Membangun Kota Tanjungpinang
Ditulis oleh : Tri Chairani - Bidang :

07 Januari 2017 - 11:07:41 WIB

HUMAS - Malam puncak Hari Jadi ke 233 Tanjungpinang, Jum'at (6/01/16) malam berlangsung meriah di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang.

Beragam pertunjukkan tarian seni dan budaya, nyanyian serta group band tampil meriahkan hari lahir Tanjungpinang yang jatuh pada tanggal 6 Januari.

Sebelumnya Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melaksanakan ziarah makan para pejuang Kerajaan Riau.

Memasuki usia ke 233 semangat perlawanan dan perjuangan Raja Haji melawan Belanda merupakan nilai-nilai yang hendaknya dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Tanjungpinang." Hal itu yang dikemukakan Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH dalam sambutannya pada malam itu.

Diusia yang sudah sangat matang itu, kata Lis, Tanjungpinang sarat dengan pengalaman, baik suka maupun duka, menginghat awalnya Tanjungpinang hanya sebuah daerah Kecamatan, namun berkat perkembangan dan kemajuan yang pesat, daerah ini menjelma menjadi Kota sekaligus menjadi jantung Ibu Kota Provinsi Kepri.

Banyak hal yang telah dilewati Kota indah, nyaman dan asri ini. Namun sepanjang empat tahun kepemimpinan saya (Lis) dan H. Syahrul, kita terus berupaya membenahi dan meningkatkan pembangunan di Kota Tanjungpinang yang kita cintai ini.

Lewat upaya kerja keras, kerja cerdas dan kerja nyata seluruh unsur pemerintahan dan element masyarakat, Kota Tanjungpinang tidak saja bisa menunjukkan eksistensinya di daerah namun di tingkat Nasional," ucap Lis.

Atas upaya mewujudkan visi misi RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2013-2018, beberapa prestasi capaian telah berhasil diraih Kota Tanjungpinang, diantaranya prestasi Adipura Buana tahun 2016 yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, penghargaan tersebut berkat adanya dukungan dan kerjasama masyarakat terhadap kepeduliannya menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk itu Pemko terus berbenah dalam menciptakan Kota nyaman dan indah dengan penambahan dan peningkatan ruang terbuka hijau dengan pembangunan taman laman boenda yang dilengkapi ikon gedung gongong nya dan taman batu sepuluh. Pembangunan tersebut sebagai upaya memberi pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengisi waktu luang sekaligus berkreasi bersama keluarga.

Selain itu, penanganan banjir telah dilaksanakan yang sampai akhir tahun 2016 lalu telah ditangani 90,32 persen titik banjir. Penanganan banjir untuk tahun ini akan dibantu oleh Kementrian PU, sehingga diharapkan titik banjir dapat dituntaskan sampai akhir tahun 2018. 

Upaya lainnya, lanjut Lis, dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntable serta melayani, Pemko berhasil mendapatkan predikat penilaian Baik pada tahun 2013 dan 2014 oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatir Negara dan Reformasi Birokrasi atas Laporan Akuntabilitas Kinerja.

Dalam pengelolaan keuangan daerah secara berturut-turut pemko berhasil mendapatkan predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2014 dan 2015." Jelas Lis

Sepanjang empat tahun ini, dirinya menyadari masih banyak kekurangan dalam mewujudkan harapan masyarakat, namun ia bersama jajarannya akan terus berupaya dan bekerja untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan Kota Tanjungpinang yang cemerlang.

Oleh karena itu, kepada semua pihak dan seluruh masyarakat doa dan masukkan sangat diharapkan," Semoga dengan semangat hari jadi Tanjungpinang ke 233 dapat kita maknai dengan semangat persaudaraan dengan sikap toleransi dan saling menghargai, bahu-membahu satu sama lain dalam rangka membangun kota Tanjungpinang yang tercinta ", tutupnya 

Disela acara itu, dilaksanakan juga acara penandatanganan kerjasama dan nota kesepahaman antara Pemko Tanjungpinang dengan PT. Pelindo I (persero) mengenai kegiatan kerjasama Kepelabuhanan dan pengelolaan pass masuk pelabuhan. BPJS Ketenagakerjaan tentang jaminan sosial ketenaga kerja bagi pegawai honorer dilingkup pemko Tanjungpinang. 

Untuk kerjasama pemko dengan PT. Bank Pembangunan Daeran Jawa Barat dan Banten Tbk. cabang Batam mengenai bantuan penagihan dan pembayaran angsuran serta pemberian fasilitas BJB kredit guna bakti. Selanjutnya penandatanganan nota kesepahaman antara Kementrian Keuangan tentang penggunaan sistem informasi kredit program (SIKP).

Sebagai bentuk terimakasih Pemko memberikan kepada Perusahaan yang menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSS) bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

Acara semakin meriah tak kala peserta sanggar seni menampilkan joget dangkung. Tampak para penari menghampiri seluruh tamu undangan untuk mengajak berjoget bersama mereka. Suasana kegembiraan, ceria serta tawa terlihat pada malam puncak hari jadi Kota Tanjungpinang.***

LAKIP KOTA TANJUPINANG
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 194998 kali