Diskominfo – Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus mendorong terciptanya pemerintahan yang baik (good governance), dengan sistem pemerintahan yang transparan, terbuka, dan akuntabel sebagai tujuan dan cita-cita reformasi. Demikian dikatakan oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP ketika membuka kegiatan Workshop Tim Lapor – SP4N yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika di Hotel Comforta, Selasa (26/2).

 

Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai bagian dari pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Melalui aplikasi pengaduan berbasis web yang bersifat no wrong door policy ini, masyarakat dapat menyampaikan segala bentuk aspirasi dan pengaduan pelayanan publik secara langsung kepada pemerintah.

 

“Perkembangan teknologi informasi dewasa ini memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk memperoleh informasi, sekaligus membuat masyarakat semakin cerdas dan kritis terhadap setiap kebijakan pemerintah. Perkembangan ini tentu harus disikapi dengan bijak. Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus mengupayakan penyediaan saluran-saluran yang efektif dan efisien bagi masyarakat, untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah,” ujar Hj. Rahma.

 

Lapor – SP4N, lanjut Hj. Rahma, merupakan aplikasi pengaduan yang terintegrasi secara nasional dengan tujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan atas pengaduan atau aspirasinya. Melalui aplikasi ini, pemerintah dapat mengelola pengaduan masyarakat sederhana, cepat, tepat, terkoordinasi, dan tuntas. “Tujuannya adalah demi meningkatkan kualitas pelayanan publik,” sambung Hj. Rahma.

 

Kegiatan Workshop Tim Lapor-SP4N dilaksanakan selama dua hari. Peserta workshop berasal dari pejabat eselon III dan eselon IV dari setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Sebelumnya Tim Lapor – SP4N telah dibentuk di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang  melalui Surat Keputusan Walikota Tanjungpinang Nomor 86 Tahun 2018. Dalam SK tersebut telah ditetapkan masing-masing pejabat penghubung dan operator yang masing-masing telah memiliki ID dan passwrod untuk mengelola pengaduan publik yang berkenaan dengan tupoksinya.

 

Kota Tanjungpinang sendiri termasuk salah satu daerah yang telah merespon baik keberadaan aplikasi Lapor – SP4N, sebab sampai saat ini belum seluruh daerah kabupaten/kota yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai saluran komunikasi untuk mengelola pengaduan masyarakat. “Saya tekankan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Kita harapkan workshop ini dapat menjadi salah satu faktor peningkatan kinerja OPD, dan peningkatan pelayanan publik Pemerintah Kota Tanjungpinang,” tutup Hj. Rahma. (dguh/kominfo)

 

 

Gedung Sekolah Baru SDN 017  Tanjungpinang yang berlokasi di Jalan Ganet Komplek Perumahan  Alam Tirta Lestari Kelurahan Pinang Kencana. Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Tanjungpinang  H. Syahrul, S.Pd, yang didampingi Oleh Wakil Walikota Hj. Rahma, S.Ip dan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si Rabu (07/01/2018).

 

Hadir dalam peresmian Anggota DPRD Tanjungpinang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Kepala OPD Se Kota Tanjungpinang , Kepala Sekolah beserta Komite Sekolah dan para Guru SDN 017.

 

Walikota Tanjungpinang pada saat sambutannya menyampaikan,  ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada masyarakat, komite sekolah dan khusus kepada sinar bahagia group yang telah menghibahkan tanah untuk pembagunan sekolah dan sinergiritas  masyarakat dalam membantu pembangunan sekolah SDN 017 Tanjungpinang.

 

Lanjut Walikota, “ Sumber daya guru adalah senjata utama untuk meningkatkan mutu  pendidikan yang ada di kota Tanjungpinang, walaupun Tanjungpinang masih kekurangan guru, tapi tahun  ini dari  CPNS tahun 2018 akan bertambah 162 guru.”

 

“Kita kembalikan kejayaan Kota Tanjungpinang sebagai kota pendidikan, dimana dulu orang-orang daerah lain  dan pulau-pulau di Kepri ini, berupaya dan mencari pendidikan di Kota Tanjungpinang,” tegas Walikota

 

"Pemerintah Kota Tanjungpinang tetap berkomitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan dan komitmen untuk meningkatkan pelayanan di Pinang kencana, karena Kelurahan Pinang Kencana  luas dan penduduknya sudah mencukupi untuk dimekarkan menjadi kecamatan sendiri,” Ungkap Walikota

 

 

"Saya berpesan kepada guru pendidik untuk selalu semangat dalam mengajar, karena mendidik merupakan panggilan jiwa, sehingga menghasil moral dan karakter pribadi siswa sebagai penerus generasi, dan  pesan untuk anak-anak agar selalu rajin, raih prestasi dan cita-cita setinggi mungkin," tutup walikota
 

Sebelum Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. Huzaifa Dadang AG. M.Si melaporkan, pembangunan gedung baru ini berasal dari Pemerintah Pusat  melalui Bantuan Pemerintah Pusat (Bantah). “Gedung ini terdiri dari satu lantai dengan enam  ruang kelas, satu ruang majelis guru, satu ruang kepala sekolah, dan satu unit rumah dinas sedangkan pondasi ruang di bangun untuk pondasi dua lantai. Disini juga terdapat satu perpustakaan dan mushala.,” ujar Kepala Disdik Dadang.

 

“ Kedepannya semoga sekolah SDN 017 dapat kita lengkapi sarana dan prasarana dengan kerjasama Pemerintah pusat dan khususnya Pemerintah Provinsi Kepri, sehingga pembagunan pendidikan dan pelayanan pendidikan dapat tercapai.” Harapan Kepala Disdik Dadang. (Rais DISkominfo)

 

Kita kembalikan kejayaan Kota Tanjungpinang sebagai kota pendidikan, dimana dulu orang-orang daerah lain  dan pulau-pulau di Kepri ini, berupaya dan mencari pendidikan di Kota Tanjungpinang

 

 

Pemerintah Kota Tanjungpinang berkomitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan, dan hal tersebut terbukti dengan diresmikannya Gedung Sekolah Baru SDN 017  Tanjungpinang yang berlokasi di Jalan Ganet Komplek Perumahan  Alam Tirta Lestari Kelurahan Pinang Kencana. Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Tanjungpinang  H. Syahrul, S.Pd, yang didampingi Oleh Wakil Walikota Hj. Rahma, S.Ip dan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si Rabu (07/01/2018).