Humas Pemko Tanjungpinang - Sejak mulai pagi, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP telah tiba di Pulau Penyengat. Ia akan melakukan kegiatan gotong royong bersama seluruh ASN dan Honorer Pemko Tanjungpinang di Pasar Warisan Bukit Kursi, Minggu (28/10).

Rombongan bergegas mendaki Bukit Kursi dengan penuh semangat untuk membersihkan lokasi yang kini telah berubah menjadi pasar Warisan yang merupakan destinasi wisata baru di Pulau Penyengat.

Sampai di sana, Rahma beserta rombongan sejenak beristirahat sebelum memulai kegiatan gotong royong. Tepat pukul 08.00, Rahma beserta seluruh peserta gotong royong langsung bergerak mengambil sapu dan menyebar di beberapa titik lokasi yang cukup luas di Bukit Kursi.

Rahma langsung memilih sapu lidi, ia ingin akses menuju lokasi pasar Warisan tersebut bersih dari daun-daun kering yang sudah cukup menumpuk disepanjang jalan. Ia tampak mahir menyapu dan tanpa canggung mengambil sampah yang disapunya itu dimasukkan ke dalam kantong sampah yang telah disediakan.

Rahma menginstruksikan kepada seluruh peserta gotong royong untuk istirahat pada pukul 09.00 dan langsung mempersilahkan menukarkan uang dengan keton untuk membeli makanan yang tersedia di pasar Warisan ini.

Keton adalah uang yang digunakan untuk membeli makanan dan souvernir yang ada di pasar Warisan. Sebelumnya, kita harus menukarkan uang ribuan dengan keton yang bernilai 1, 2, 5, 10 dan 20 keton, yang sama nilainya dari 1.000 sampai 20.000 rupiah. Keton tersebut terbuat dari kayu bulat yang diberi warna dan simbol angka layaknya uang koin. Di sana banyak menjual kuliner khas Melayu seperti lendot, lempeng sagu, aneka kue tradisional Melayu, gula-gula tarik, air dohot dan lainnya. Untuk souvernir disediakan aneka tanjak, gantungan kunci dan pernak-pernik yang terbuat dari kerang. Tampak antusias peserta gotong royong untuk menukarkan uang dan berbelanja dengan keton. (Humas/Fakhri)