Diskominfo Tanjungpinang - Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang memberikan penabalan gelar Datuk Setia Amanah kepada Walikota Tanjungpinang,H. Syahrul, S.Pd dan gelar Datuk Timbalan Setia Amanah kepada Wakil Walikota Tanjungpinang Hj.Rahma, S.Ip, di Balai Adat Melayu, Penyengat, Kota Tanjungpinang, Senin (18/2/19).

Sebelum Penabalan dan timbalan Gelar Datuk Setia Amanah di berikan kepada Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tersebut, telah dilakukan Musyawarah di Lingkungan LAM Kota Tanjungpinang dulu, sehingga bisa lah berlangsung Penabalan Gelar Datuk Setia Amanah yang penuh makna tersebut.

Penabalannya dilakukan dalam acara Majelis Agung Istiadat dengan diberikan gelar kehormatan adat melayu maka melekatlah gelar kepada penerima secara sah yang ditandai dengan  pemasangan tanjak serta diselempangkan sabuk kebesaran dan keris serta penyerahan sijil. 

Gelar itu sengaja disematkan kepada Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang agar menjalankan amanat rakyat, membangun Tanjungpinang menjadi kota yang madani.

Selanjutnya, H.Syahrul, S.pd didampingi istri Juariah Syahrul beserta Hj. Rahma,S.Ip yang juga didampingi suami Agung Wira Darma menuju peteratne untuk melanjutkan prosesi tepuk tepung tawar oleh para tokoh adat LAM Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya Walikota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada LAM Tanjungpinang yang dengan berbagai pertimbangan dan indikator untuk pemberian gelar tersebut

“Ini beban yang berat, penabalan Datuk Setia Amanah dan Datuk Timbalan Setia Amanah oleh LAM Kota Tanjungpinang diatas pundak dirinya merupakan anugrah dan tanggungjawab yang tidak ringan dan harus dijalankan. Karena penganugerahan ini, ujar Walikota Tanjungpinang, adalah gelar tertinggi yang diberikan kepada seorang pemimpin dan kepala daerah, tidak diberikan kepada seorang pribadi karena jabatan yang diamanahkannya.

" Insya Allah akan kami jalankan dengan baik dan sunguh-sunguh sebagaimana menjaga hati didalam tubuh, amanah dijaga rasa merasa, amanah dijunjung sanjung menyanjung, amanah dijaga bagikan permata, amanah di pegang bijak menimbang," tutur Walikota Tanjungpinang.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, Wan Rafiwar mengatakan pemberian gelar adat kepada Walikota Tanjungpinang ini melalui kesepakatan dan musyawarah bersama. Dan gelat Setia Amanah ini merupakan gelar kepala daerah setelah dilantik dengan pesan moral soal kewajiban menjadi pemimpin yang amanah.

"Dengan diberikan gelar ini, beliau harus memegang amanah yang diberikan dan selalu setia. Dan apabila ketika melenceng, kita bisa menegur secara adat. Tentu harapan kita, pemimpin saat ini bisa menjalankan amanahnya membangun Kota Tanjungpinang dengan baik dan amanah," tutup Datuk Wan Rafiwar. (Rais/diskominfo)