Humas Pemko Tanjungpinang - Sejak mulai pagi, ruas jalan sepanjang Tepi Laut Tanjungpinang mulai dari Jalan Agus Salim sampai depan Gedung Gonggong, tumpah ruah dengan masyarakat, Sabtu (27/10).

Ribuan warga berdiri berbaris memenuhi pinggir jalan. Mereka menyaksikan pawai budaya dan kendaraan hias yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-17 Kota Otonom Tanjungpinang.

Pawai dimulai dengan iringan berbagai macam parade pakaian budaya. Di antaranya berada di urutan pertama yaitu barisan TK se-Kota Tanjungpinang yang merupakan baru pertama kalinya berpartisipasi dalam pawai budaya, disusul oleh Pelajar SD, SMP, SMA, unsur pemerintahan, kelurahan, kecamatan, dan lelompok paguyuban.

Peserta pawai menampilkan pakaian budaya Nusantara. Beberapa di antara mereka menampilkan berbagai atraksi mulai dari drumband, silat, joget dangkung, kuda lumping, reog ponorogo, barongsai, marawis, kompang, tari-tarian daerah dan lain sebagainya. Berbagai atraksi juga ditampilkan dan menjadi sorotan semua warga yang menonton.

Selanjutnya, pawai mobil hias juga memenuhi jalanan Kota Tanjungpinang. Parade mobil hias tersebut bergerak dari Terminal Sei Carang dan berakhir di depan Gedung Gonggong.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengapresiasi antusiasme masyarakat yang menurutnya berbeda dari gelaran sebelumnya. "Antusiasme masyarakat luar biasa, mulai dari peserta yang bertambah dan penonton yang tumpah ruah, mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk membangun kebudayaan untuk Tanjungpinang yang maju dan berbudaya." Ujar Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, dipilihnya rute yang berbeda seperti sebelumnya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di pasar dan pelabuhan lebih mudah tanpa ada hambatan dengan melalui jalan yang sudah dilakukan pengalihan. "Saya melihat dengan rute dan lokasi finish ini cukup membantu masyarakat dalam beraktivitas di pasar dan pelabuhan. Hanya saja pengalihan arus jalan itu tetap dilakukan agar mempermudah proses lalu lintas sementara adanya kegiatan pawai ini." Jelasnya.

Meskipun panas terik di siang hari dan sesekali turun hujan namun masyarakat tetap setia menyaksikan pawai tersebut. Mereka baru meninggalkan lokasi setelah seluruh peserta pawai kendaraan hias berakhir.

Tampak dari panggung kehormatan, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Pimpinan FKPD Kota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si dan pimpinan OPD Kota Tanjungpinang. (Humas/Fakhri)