Kelurahan Pinang Kencana dan Kelurahan Batu IX, keduanya merupakan kelurahan yang pertama melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Musrenbang ini di buka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd. Jum'at, (1/2).

Kegiatan Musrenbang Kelurahan Pinang Kencana dilaksanakan di Gedung serbaguna Kampung Purwodadi Km. 11, sedangkan Kelurahan Batu IX dilaksanakan di Aula Kantor Lurah. Musrenbang ini merupakan simpul akumulasi dari setiap kegiatan perencanaan yang telah dilaksanakan di tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan yang akan disinkronisasikan dengan perencanaan OPD Kota Tanjungpinang serta menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tanjungpinang Tahun 2019.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd mengharapkan perhatian dan kesungguhan semua elemen untuk menyadari akan pentingnya tahapan musrembang ini dalam sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kota secara keseluruhan. "Kegiatan Musrenbang jangan hanya menjadi kegiatan seremonial saja, saya berharap pada Musrenbang ini setiap kelurahan tetap mendapat prioritas kegiatan dan mengacu pada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif serta peningkatan infrastruktur dasar, maka dari itu peran Ketua RT dan Ketua RW sangatlah penting, saya berpesan agar Ketua RT dan RW sering seringlah menjalin komunikasi dan silaturahmi bersama Lurah dan Camat, agar segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat banyak, dapat terkoordinir dengan baik," ujar Syahrul.

Walikota menambahkan, bahwa Musrenbang yang diIaksanakan ini merupakan proses penyusunan berbagai program dan kegiatan sebagai titik awal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang di sinkronisasikan Iebih lanjut pada penyusunan rancangan awal RPJMD Kota Tanjungpinang Tahun 2018-2023. "Pada kesempatan ini, saya juga mengajak seluruh peserta Musrenbang, baik pada tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota agar menjadikan pelaksanaan Musrenbang ini sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan pembangunan, utamakan yang paling terpenting terlebih dahulu," jelas Walikota.

Dalam kesempatan ini Walikota juga  menghimbau, kepada Ketua RT dan RW yang merupakan sebagai ujung tombak Pemerintah, agar dapat terus meningkatkan komunikasi kepada warganya, untuk mensukseskan Pemilu 2019. "Sebagai kepala daerah saya punya kewajiban untuk mengajak dan mendorong kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang untuk berpartisipasi dan mensukseskan  pelaksanaan pesta Demokrasi, siapapun yang dipilih nanti, itu merupakan hak individu, yang terpenting mari sama sama kita hadir ke TPS untuk menentukan pilihan kita," tutup Walikota.

Musrenbang kelurahan ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Kota Tanjungpinang Dapil Kecamatan Tanjungpinang Timur, Asisten II Pemko Tanjungpinang, jajaran OPD terkait dan diikuti oleh seluruh Ketua RT, RW, LPM, Karang Taruna, PKK dan tokoh masyarakat. (Humas/Andi/Kiki)