Sempena peringatan Hari Kanker Sedunia pada 10 Februari mendatang, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Kepulauan Riau dan Kota Tanjungpinang melakukan dialog intraktif di RRI Tanjungpinang, Senin (4/2).

Dialog intraktif ini dengan narasumber Ketua YKI Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Noorlizah Nurdin Basirun, Ketua YKI Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Kepala Dinas Keshatan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam dan Ketua Yayasan Penderita Kanker Tanjungpinang-Bintan, Turizan.

Dalam kesempatan ini, Juwariah juga menjelaskan bahwa berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh YKI Kota Tanjungpinang di antaranya adalah memberikan support kepada para penderita kanker dengan mengunjungi pasien yang menderita kanker yang ada di Kota Tanjungpinang. Sehingga para penderita kanker tidak merasa diabaikan dan terhibur. "Kunjungan tersebut sudah berulang kali kita lakukan sebagai bentuk perhatian YKI Kota Tanjungpinang untuk penderita kanker di Kota Tanjungpinang dan sekaligus memberi semangat kepada para penderita kanker dalam hal ini kami juga memberikan sagu hati," ungkap Juwariyah.

Selama YKI terbentuk di kota Tanjungpinang, Juwariah mengatakan kini sudah ada rumah singgah di Kota Batam yang dapat dimanfaatkan oleh para penderita kanker yang ingin berobat dan juga dapat dimanfaatkan para penderita penyakit lainnya.

Ketua YKI Provinsi Kepri, Hj. Noorlizah Nurdin Basirun juga menjelaskan bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya akan tetapi para survival kanker ini jangan sampai murung harus tetap berfikiran positif begitu pula dengan para pendamping pasien keluarga juga harus dapat memberikan support dan harus tau apa yang harus dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam juga menjelaskan untuk Kota Tanjungpinang terus melakukan pemeriksaan gratis pada setiap momen atau kegiatan melalui dukungan dari organisasi perempuan yang ada. "Kami juga menyediakan pengecekan di setiap hari di Puskesmas Se-Kota Tanjungpinang dan ditambah juga dengan jika ada even-even ada pemeriksaan gratis dan juga ada di posyandu yang memiliki fasilitas pemeriksaan tersebut," pungkas Rustam. (Humas/Firman)