Dinas Kominfo Tanjungpinang – Berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengisi Hari Kemerdekaan Iindonesia, salah satunya seperti Gerak Jalan Kreasi yang digelar oleh Kecamatan Tanjungpinang, Selasa (14/8/18).

Kegiatan sampena mengisi Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mereka tampil menarik dengan variasi balutan busana dan pernak-pernik kreatif menambah semarak suasana gerak jalan kreasi yang dilepas secara langsung oleh Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM.

Tentu, penampilan para peserta mengundang perhatian warga untuk menyaksikan lomba gerak jalan ini mulai dari tempat start di depan Kantor Kecamatan Tanjungpinang Kota hingga disepanjang rute yang dilalui peserta gerak jalan kreasi.

Penjabat Wali Kota, Raja Ariza memberi apresiasi kepada Kecamatan Tanjungpinang Kota yang sudah menginisiasi kegiatan ini,” Saya apresiasi Kecamatan Tanjungpinang Kota yang terus konsisten menyelenggarakan gerak jalan kreasi di wilayahnya. Menurutnya, satu-satunya Kecamatan yang menggelar gerak jalan kreasi hanya di Kecamatan Tanjungpinang Kota, karena Kecamatan ini sudah kedua kalinya menggelar kegiatan gerak jalan kreasi ini “,katanya

Melalui kegiatan ini, lanjut Wali Kota, diharapkan para peserta yang didominasi oleh para pelajar dapat mengikuti lomba ini dengan penuh semangat patriotisme,” Kegiatan ini salah satu wujud agar kita terus memaknai semangat patriotism “,tambahnya

Gerak jalan kreasi ini terbagi dalam 4 kategori, yakni 1 kilometer, 9 kilometer, 4 kilometer dan 5 kilometer diikuti sebanyak 74 regu yang terdiri atas 13 regu kategori 1 kilometer dengan peserta dari TK dan PAUD, 24 regu kategori 9 kilometer peserta dari SMP, SMA dan Umum, 17 regu kategori 4 kilometer peserta dari SD dan SMP Putri dan kategori 5 kilometer sebanyak 20 regu yang diikuti oleh siswa SD dan SMP Putra.

Selain gerak jalan kreasi, Kecamatan Tanjungpinang Kota juga menggelar permainan lomba rakyat seperti lomba tarik tambang, lomba bakiak, lomba makan kerupuk, lomba lari goni, lomba menangkap belut, lomba joget balon ibu-ibu lansia dan lomba merias wajah tanpa cermin oleh ibu-ibu PKK. Suasana gembira dan penuh semangat pun tampak saat anak-anak, ibu-ibu, serta para staf Kelurahan dan Kecamatan bermain dalam kegiatan itu.

Untuk penyerahan hadiah bagi pemenang lomba akan diserahkan pada acara malam hiburan yang akan digelar pada Rabu (15/8/18) malam di Halaman Kantor Camat Tanjungpinang Kota, pukul 19.30 WIB.*