Dinas Kominfo Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tanjungpinang resmi menetapkan H. Syahrul, S. Pd – Hj. Rahmah, S.IP sebagai pasangan calon (paslon) terpilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Tanjungpinang 2018.

Keduanya ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih periode 2018-2023 melalui SK KPU Nomor : 41/HK.03.1-Kpt/2172/Kota/VII/2018, yang dibacakan langsung oleh Ketua KPUD Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution dalam Rapat Pleno Terbuka, di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu 25 Juli 2018.

Berdasarkan hasil suara rekapitulasi KPU, paslon nomor urut 1 H. Syahrul, S. Pd – Hj. Rahmah, S.IP meraih 42.559 suara atau 51,54 persen dari total suara sah. Sementara paslon nomor urut 2 H. Lis Darmansyah, SH- dr. Maya Suryanti memperoleh 40.160 suara atau 48,55 persen.

“ Berdasarkan hasil pemilihan 2018, maka paslon H. Syahrul, S. Pd – Hj. Rahmah, S.IP ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Walikota Tanjungpinang terpilih hasil pemilihan tahun 2018 “, ujar Aswin.

Selanjutnya penetapan paslon terpilih Pilwako Kota Tanjungpinang yang dituangkan dalam berita acara, diserahkan kepada pasangan Syahrul-Rahmah, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang yang diwakili Wakil Ketua I Ade Angga, Banwaslu, partai politik pendukung, dan KPU Provinsi Kepulauan Riau sebagai bekal mengajukan permohonan pelantikan kepada Pemerintah Pusat.

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, yang hadir dalam rapat pleno tersebut, mengapresiasi penyelenggaraan Pilwako di Kota Tanjungpinang berjalan lancer dan aman.

”Ini berkat kerjasama dan kerja keras semua perangkat termasuk aparat keamanan dan seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang yang ikut membantu penyelenggaraan Pilwako berjalan aman. Tugas kami selanjutnya adalah menyiapkan acara pelantikan pada 20 September mendatang,”katanya ketika di wawancarai sejumlah awak media.

Wali Kota terpilih, H. Syahrul, S. Pd mengucapkan rasa syukur dan terima kasih setelah ditetapkan sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Walikota Kota Tanjungpinang oleh KPU. Ia juga mengaku lega karena Pilkada Kota Tanjungpinang berjalan lancar tanpa ada gugatan.

“ Bedasarkan keputusan MK secara keseluruhan dari 171 daerah, Alhamdulillah kami ditetapkan sebagai palon terpilih Pilkada serentak 2018. Ini adalah amanah yang diberikan oleh masyarakat Tanjungpinang kepada Ayah (sapaan akrab Syahrul di masyarakat). Mudah-mudahan ini bisa dijalani dan dipikul dengan sinergitas seluruh lapisan masyarakat. Sekarang kita tinggal menunggu pelantikan dari Gubernur Kepulauan Riau “, ucapnya kepada awak media

Ditanya soal apa yang dilakukan saat hari pertama menjabat, Syahrul menjelaskan akan melakukan singkronisasi, komunikasi dan konsultasi dengan seluruh OPD. Namun sebelumnya, kita akan melakukan pertemuan dengan Penjabat Wali Kota untuk singkronisasi program-program yang termuat dalam visi misi kami.

“ Sekarang sedang pembahasan KUA PPAS Perubahan dan ABPD Murni, nanti kita lihat dulu anggaran dan sebagainya, lalu kita kaji program mana yang bisa dimasukkan. Makanya kita harus lakukan pertemuan dulu untuk sigkronisasi karena ini masa transisi “,pungkasnya

Turut hadir dalam rapat ini, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Dandim 0315/Bintan Letkol Inf Ari Suseno, Anggota PPS, Banwaslu, serta jajaran KPUD Kota Tanjungpinang.*