Dinas Kominfo Tanjungpinang – Hasil rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Tanjungpinang 2018, yang dilakukan Komisi Pemilihan Daerah (KPUD) Kota Tanjungpinang di Aula Asrama Haji Kota Tanjungpinang, Rabu 4 Juli lalu. Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan belum menetapkan H. Syahrul – Rahma sebagai pemenang pada Pilkada serentak 2018 di Kota Tanjungpinang.

“ KPU belum menetapkan pasangan H. Syahrul-Rahma sebagai pemenang Pilkada 2018, karena masih menunggu surat resmi dari Makamah Konstitusi (MK) masuk ke KPU RI, soalnya prinsip dan asas KPU adalah kepastian hukum, jadi kita tunggu saja surat resmi dari MK “, kata Aswin

Dari hasil rapat pleno KPU lalu, lanjutnya, pasangan nomor urut 1 H. Syahrul-Rahma memperoleh 42.559 suara, sementara pasangan Lis-Maya memperoleh 40.160 suara. Setelah ini, kita akan menunggu apakah ada gugatan atau tidak yang masuk ke MK dari Tanjungpinang terkait Pilwako Kota Tanjungpinang 2018, sebab waktu pendaftaran gugatan yang masuk 3 x 24 jam setelah Pilkada serentak dilaksanakan.

“ Selain itu, ada masa registrasi yang diberlakukan oleh MK, hanya saja dirinya tidak bisa memastikan berapa lama waktu registrasi terebut. Hal itu sudah menjadi wewenang dan ranahnya MK, bukan KPU “, pungkasnya.

Pada intinya, kata Aswin, surat resmi bakal diterima KPU, apakah ada atau tidak gugatan dari Tanjungpinang dalam hal Pilwako Tanjungpinang 2018. Bila tidak ada gugatan, baru KPU Tanjungpinang bisa mengambil langkah selanjutnya yaitu, penetapan Wali Kota dan Wakil Walikota Tanjungpinang terpilih.

“ Ini salah satu langkah yang akan kita lakukan, namun saat ini kita masih menunggu, jadi belum tahu kapan penetapannya “, ucapnya

Berikut data hasil pleno KPUD Kota Tanjungpinang perolehan suara Pilwako Kota Tanjungpinang di 4 Kecamatan :

1. Kecamatan Tanjungpinang Barat :

Syahrul-Rahma : 9.365 suara

Lis-Maya : 10.298 suara

2. Kecamatan Tanjungpinang Kota :

Syahrul-Rahma : 4.359 suara

Lis-Maya : 4.395 suara

3. Kecamatan Bukit Bestari :

Syahrul-Rahma : 11.201 suara

Lis-Maya : 10.747 suara

4. Kecamatan Tanjungpinang Timur :

Syahrul-Rahma : 17.634 suara

Lis-Maya : 14.720 suara

Total Perolehan Suara :

Syahrul-Rahma : 42.559 suara

Lis-Maya : 40.160 suara

Selisih : 2.399 suara