Dinas Kominfo Tanjungpinang - Hari ini, Rabu 27 Juni 2018, Kota Tanjungpinang melaksanakan pemungutan suara pemilihan  Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kota Tanjungpinang 2018, untuk periode lima tahun kedepan. 

Guna memastikan proses Pilkada berjalan lancar dan aman, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM, unsur Forkompinda, serta para pejabat Pemko Tanjungpinang memantau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tanjungpinang. 

Beberapa titik TPS yang dikunjungi Wali Kota bersama rombongan adalah TPS 10 Kampung Baru, TPS 4 di Perum Taman Harapan Indah KM 8, Kampung Bugis Kelurahan Tanjungpinang Kota dan TPS 12 Jalan Pemuda Kelurahan Tanjung Ayun Sakti. 

Hampir setiap TPS di empat Kecamatan yang disinggahi Penjabat Wali Kota bersama rombongan berlangsung lancar dan kondusif, " Alhamdulillah, sejauh ini, pelaksanaan pilkada di Kota Tanjungpinang berlangsung lancar, aman, damai, dan tertib ", ucap Pejabat Wali Kota, Raja Ariza, disela melakukan pemantauan di sejumlah TPS. 

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih Kepala Daerah untuk periode 5 tahun kedepan sudah cukup baik,  " Meski kondisi hujan deras, warga terlihat antusias datang ke TPS untuk menyalurkan suaranya. Hujan bukan menjadi halangan bagi mereka untuk melakukan pencoblosan", ucapnya bangga. 

Pada kesempatan ini pula, Wali Kota menghimbau masyarakat yang sudah punya hak suara untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilwako Kota Tanjungpinang." Hak suara pemilih akan menentukan masa depan Kota Tanjungpinang. Karena siapa pun yang terpilih nantinya, merekalah yang akan menentukan kebijakan dalam proses pembangunan di Kota Tanjungpinang. Semoga,  tahun ini, tingkat kesadaran masyarakat dalam memilih semakin meningkat ", pungkasnya

Sebelum memastikan kelancaran proses pemungutan suara disejumlah TPS, Wali Kota bersama Istri Hj. Handayani Ariza melakukan pencoblosan di TPS 33, Jalan Yos Sudarso Batu Hitam, Kelurahan Tanjungpinang Barat. 

Di tempat yang berbeda, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si bersama Istri Ersa Famela Riono, juga ikut menyalurkan suaranya di TPS 4, yang berlokasi di Lorong Tanama, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 141.777 orang. Dari jumlah tersebut pemilih di Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 53.319 orang, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 34.319 orang, Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 15.170 orang, sedangkan Kecamatan Bukit Bestari 37.802 orang. DPT tersebut, tersebar di 18 Kelurahan yang ada di 4 Kecamatan dan terdaftar di 317 TPS.*