Dinas Kominfo Tanjungpinang - Gema takbir dan kendaraan hias sambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijiriah di Kota Tanjungpinang, Kamis 14 Juni 2018 malam. 

Pawai takbiran keliling dengan kendaraan hias sudah menjadi tradisi di Kota Tanjungpinang dalam menyambut malam Idul Fitri. Suara takbir tanda kemenangan bagi umat Islam terdengar sahut-menyahut diseluruh wilayah Kota Tanjungpinang. 

Pelepasan pawai takbir dimulai dari titik star di Terminal Sungai Carang KM. 9 Bintan Center Tanjungpinang, lalu bergerak melalui rute yang harus ditempuh pawai takbir hingga menuju ke titik finish di Jalan H. Agus Salim. 

Saat pelepasan kendaraan hias itu, tampak Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza,  Sekretaris Daerah,  Drs. Riono, sejumlah pimpinan FKPD, serta pejabat Pemko Tanjungpinang, berdiri diatas panggung utama sembari melambaikan tangan kepada para peserta pawai mobil hias Idul Fitri. 

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan banyak hikmah dan pelajaran yang kita peroleh selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selama satu bulan itulah batin dan jiwa kita menjadi lebih kokoh dan kuat dalam prinsip dan keyakinan. Untuk itu, ia berharap momen ramadhan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Gubernur. 

Menurut Gubernur, kesadaran ukhuwah Islamiyah di Kota Tanjungpinang sangat terpelihara. Kondisi ini dapat terwujud berkat tingginya toleransi antar umat beragama yang senantiasa dijunjung tinggi dan menjadi komitmen seluruh masyarakat di Kota Tanjungpinang. Apalagi, pelaksanaan pawai takbir pada malam ini terlihat tertib dan berjalan sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya dalam kegiatan pawai takbir di Kota Tanjungpinang. Dan kepada aparat keamanan, saya ucapkan terima kasih karena tetap menjaga situasi kondusif di Kota ini, " ucapnya

Pelaksanaan pawai takbir di Kota Tanjungpinang ini diharapkan dapat dijadikan even dalam agenda pariwisata,  " Semoga kedepan even pawai takbir juga dapat dijadikan agenda kepariwisataan ", kata Gubernur menambahkan. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, menjelaskan pelaksanaan pawai takbir bertujuan untuk meninggikan syiar Islam, memupuk jiwa kebersamaan dan tali silaturahmi serta ukhuwah Islamiyah di tengah masyarakat. 

Pawai takbir keliling ini, kata Riono melibatkan 135 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Masjid, Mushola, dan LSM, " terangnya

Ratusan kendaraan yang dihiasi berbagai macam ornamen masjid dan lampu warna-warni menjadi tontonan menarik bagi warga Kota Tanjungpinang. Mereka tampak berdiri disepanjang jalan protokol yang dilalui iring-iringan pawai takbiran.Tak sedikit dari warga mengabadikan momen tersebut sembari mengucap takbir.*