Diskominfo Tanjungpinang - Kafilah Kota Tanjungpinang masuk final empat cabang lomba pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VII Tingkat Provinsi Kepri, di Kabupaten Lingga, Sabtu (12/5/18).

Keempat cabang lomba yang akan diikuti kafilah Kota Tanjungpinang dalam babak final MTQ ke 7 tingkat Provinsi Kepri, yakni cabang Syarhil Qur'an golongan putri, cabang Khattil Qur'an golongan naskah putri, golongan naskah putra, dan golongan dekorasi putra. Kemudian cabang Hifzil Qur'an golongan 1 juz dan tilawah putra, serta cabang tilawah golongan remaja putra. 

Dalam cabang Khattil Qur'an, ada tiga Kafilah Kota Tanjungpinang yang melaju dalam babak final, mereka adalah Sri Dwi Juli Maryani golongan hiasan mushaf putri nomor peserta KT. 245, Icmi Gusfirullah nomor peserta KT. 260 dan Supriyanto Saputra nomor peserta KT. 248. 

Sementara, pada cabang lomba Syarhil Qur'an golongan putri, Kota Tanjungpinang juga berhasil menurunkan tiga peserta terbaik, mereka adalah Alifah Ratun Ghina, Aliea Fazila dan Widya Andina. Sedangkan golongan putra belum berhasil lolos dalam babak final.

Ada tiga judul yang disiapkan oleh pelatih untuk peserta Syarhil Qur'an, yakni Revolusi Mental Wujud Nyata Perubahan Karakter Bangsa, Urgensi Bekerja Perspektif Al- Qr'an, dan Jaga dan Lestarikan Lingkungan Hidup untuk Kemakmuran Bersama.

Sedangkan judul yang disiapkan untuk golongan Syarhil putra adalah Urgensi Bekerja dalam Perspektif Al Qur'an, Revolusi Mental Merupakan Wujud Perubahan Karakter Bangsa, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, dan Amanah Kepemimpinan Perspektif Al-Qur'an.

Dalam babak final ini, kafilah Kota Tanjungpinang menjelaskan konsep tentang urgensi bekerja dalam perspektif Al'Qur'an. Pelatih Cabang Syarhi Qur'an kafilah Kota Tanjungpinang, H. Saparillis, S.Ag, M.Si, mengaku optimis akan menyabet juara satu pada cabang lomba Syarhil Qur'an.

" Melihat dari penampilan peserta Kota Tanjungpinang tadi, kafilah kita lebih unggul dari kafilah lainnya, karena itu, saya optimis jika anak didik saya akan berhasil meraih juara satu di cabang Syarhil ini ", ungkapnya

Harapan yang sama juga diungkapkan, Rahmawati, SE selaku official cabang Khattil Qur'an Kafilah Kota Tanjungpinang, ia berharap, peserta dapat tampil maksimal agar dapat memperoleh juara dari setiap cabang yang di lombakan, sehingga para kafilah dapat membawa nama harum Kota Tanjungpinang dalam ajang MTQ ke 7 se Kepri ini.

" Semoga para peserta dapat memberikan hasil yang terbaik, agar Kota Tanjungpinang dapat meraih juara umum, atau minimal juara III bisa kita pertahankan dalam lomba MTQ tahun ini ", harapnya

Seluruh peserta yang memasuki babak final berjumlah 24 peserta dengan masing-masing golongan sebanyak 3 orang. 

Lokasi pertandingan masing-masing cabang lomba dilaksanakan di tempat yang berbeda. Untuk cabang Syarhil Qur' an berlangsung di Gedung Nasional, Cabang Khattil Qur'an di Aula Kantor Bupati Lingga di Daik, Cabang Hifzil Qur'an 1 juz di Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep, dan Tilawah remaja berlokasi di Astaka Utama.***